Rabu, 25 Juli 2007

essay

the best of 1986!

Dari hanya kaset kompilasi, dianggap sebagai sebuah scene dan movement dan diamini sebagai sebuah genre, C86 menuai banyak pro dan kontra.

ADA ratusan link saat dengan mudahnya kita mengetik huruf C dan angka 86 di belakangnya di search engine. Dari mulai allmusic.com, wikipedia.org, indiepages atau situs mp3 gratis, radio indiepop, youtube sampai myspace, kita banyak jumpai kata C86 dari sejumlah besar band pop independen di luar negeri, bahkan di Indonesia sekalipun. Sebetulnya apa dan bagaimanakah formula yang dinamakan C86?Untuk 2 halaman, saya akan coba telisik.


kompilasi

Secara sahih, term C86 ditujukan untuk sebuah judul kaset kompilasi yang dibuat dan didistribusikan oleh tabloid New Musical Express di tahun 1986. Kompilasi tersebut berisi 22 band independen di UK (yang disebut independent guitar band) yang membawa musik yang agak seragam. Sebagian besar memainkan musik pop dengan influens beragam, dari 60's pop, girl-group, punk dan post punk. Lainnya hadir dengan sound yang noisy dan musik yang eksperimental yang terpengaruh dengan Captain Beefheart sampai The Fall. Pemilihan nama C86 sendiri bukan kebetulan, karena 5 tahun sebelumnya, NME pernah membuat kompilasi serupa dengan nama C81, yang berisi band-band lintas genre, dari punk, post punk, ska sampai electronic. C86 juga diambil desain umum dari kaset-kaset hometaping dari mulai C-60, C-90. The Pastels, The Shop Assistants, Primal Scream, McCarthy dan The Wedding Present adalah 5 dari band-band yang dikenal dan mendapat exposure yang cukup luas.

scene, genre, movement

Dari sekedar kompilasi sampai menjadi istilah yang berdiri sendiri. Sampai saat ini, keterkaitan antara C86 dengan scene, movement dan genre masih amat sangat membingungkan, yang pasti ini bermula sejak beberapa band yang muncul di era C86 namun tidak termasuk dalam kompilasi seperti Talulah Gosh, BMX Bandits dan Razocuts diamini oleh beberapa fans dan jurnalis sebagai efek dari C86, dan bahkan beberapa ada yang menyebut mereka sebagai band C86. Sementara pendapat kontra malah menuduh NME yang hanya mencoba menciptakan sebuah scene.

Meski tidak semuanya, namun 80% band yang ada di kompilasi ini membentuk sound yang seragam, jangly, 60s oriented, post punk beat dan gaya vokal yang disebut 'shambling' membuat banyak fans dan kritikus mengkategorikannya sebagai genre tertentu. Dan ini berdampak secara tak langsung terhadap gaya/genre 'Tweepop' yang lebih dikenal saat ini.

Teoris Pop, Simon Reynolds berkomentar bahwa C86 sebagai “Post punk dengan elemen radikalnya”. Unsur radikal yang penuh dengan muatan politik yang kuat inilah yang membuat C86 banyak diakui sebagai sebuah movement yang mempengaruhi banyak band. Selain sebagai sebuah jawaban akan kebosanan politik dan efek dari Thatcherisme di Inggris, namun isu gender lah yang paling kental terlihat dari C86 ini sebagai bentuk kecil perlawanan politik gender di masa itu. Hal ini ditunjukkan dengan hadirnya band-band bervokalis perempuan dalam kompilasi tersebut. Seperti yang diungkapkan Martin Whitehead, pemilik Label Subway Sect yang merilis Shop Assistants yang berpandangan bahwa C86 memiliki pengaruh politik, terutama gender. “ Sebelum C86, perempuan hanyalah menjadi pemanis di sebuah band, menurut saya C86 mengubah itu semua dimana mulai banyak perempuan yang mengadakan gigs, menulis fanzine dan menjalankan label”, komentarnya. Semangat politik ini yang menurut beberapa sumber, akhirnya memberikan pengaruh kepada band-band Riot Grrrl movement era 90an di Amerika dan Inggris.

Namun kembali, karena banyak yang memperdebatkan, predikat C86 ini malah makin kabur. Atas dasar itu, muncul makna baru yang lebih pas tentang C86 sebagai sekumpulan british independent guitar bands, sebagian besar diantara mereka terbentuk antara 85-89, beberapa diantaranya masuk dalam kompilasi bertajuk C86, dan band-band ini punya roots yang sama, dari mulai punk/post punk namun dengan spektrum yang lebih luas.

hal terbaik yang pernah ada

Meski menuai banyak perdebatan, tahun '86 dan C86 saya rasa patut untuk dikenang. C86 telah nyata menjadi inspirasi bagi banyak formasi scene indiepop di UK, Eropa (terutama di Swedia) dan di Amerika. Lebih dari sekedar menggambarkan suatu bentuk pattern musik yang melodius, jangle, 60s inspired, lewat band, musik, fanzine dan record label yang ada, C86 adalah artefak dari perkembangan musik independen yang terbaik yang pernah ada.S!

Tidak ada komentar: