Rabu, 25 Juli 2007

profile

Spin some Sugar!

Berawal dari menjadi opening dari sebuah band bernama thedyingsirens di sebuah tokobuku di Jakarta Selatan, these 6 pieces band mulai mencuri ketertarikan banyak orang yang mampir dan menonton disitu. Dengan komposisi lagu yang unik, mengemas 60s pop, folk, surf, vokal boy-and-girl-berbalas pantun, disandikan dalam bahasa yang cute bernama tweepop.

Ketika suatu kali seseorang bertanya, "Apakah ini sebuah band?tentulah, ini memang sebuah band. Namun sugarspin tidak sekedar band. Katakan ini side project, mengingat personil yang ada di dalamnya sudah memiliki band tetap, bahkan ada yang sampai bermain di banyak band, namun kamu bisa menyebutnya serius karena faktanya mereka telah membuat lagu-lagunya sendiri.

Adalah Dimas(drum-eks Souljah), Zara(keyboards-tamborin-Clover), Nanda(gitar-Clover), Tania(vokal-clover), Iksan(bass-d'zeek) dan Acum(gitar, pianika-bangkutaman/sweaters) yang berkumpul dan mulai ngeband, mencurahkan semua ide di luar bandnya masing-masing. Membawa pengaruh dari beberapa influence, mulai Ivy, Birdie, Camera Obscura, Aislers Set, Belle and Sebastian sampai band 60an macam Velvet Undeground, Sugarspin menyumbangkan warna bagi scene indiepop Jakarta yang gegap gempita. Terakhir lalu, saya melihat band ini di Jogjakarta dalam gelaran pentas musik bertajuk New Pollution bersama 8 band Jakarta lainnya. Lagu-lagu macam "1993" dan "Sarinah" menjadi perhatian tersendiri ketika mereka melantunkannya di acara itu. Dari mulai nuansa wistle ala Beach Boys, distorsi tipis gitar berbalut ketukan samar drum dan organ hammond disentil dengan melodi pianika yang jujur menghasilkan nada-nada manis dan childy, lugu dan innocent.

"1993 itu memang saya buat ketika saya mendengarkan banyak karya Phil Spector, ceritanya tentang kejadian musikal di tahun 90an, dari mulai Nirvana sampai The Stone Roses" ungkap Acum yang memang menggilai band asal Manchester ini. Penasaran?simak panggung mereka di acara-acara indiepop dan cari tahu tentang demo mereka yang akan segera rilis dalam waktu dekat ini.
S!

Tidak ada komentar: